Secara umum, ransomware adalah kategori perangkat lunak berbahaya, yang dirancang untuk memblokir akses ke sistem komputer sampai sejumlah uang dibayarkan.

Crypto-ransomware sangat efektif karena mengenkripsi informasi lokal yang tersimpan secara lokal – dan terkadang juga cloud backup – dan menawarkan untuk mendekripsi dengan imbalan biaya mulai dari $ 300 sampai $ 900. Crypto-ransomware menggunakan teknologi yang sama dengan yang melindungi percakapan, transaksi perbankan dan komunikasi militer kita; file terenkripsi tidak dapat diambil tanpa membayar uang tebusan. Crypto-ransomware memeras lebih dari satu miliar dolar setahun dari para korban.

Tahun ini kita melihat kemunculan ransomware baru, yaitu disk-encryptors seperti Petya. Tidak seperti file encryptors; disk encryptors menyimpan keseluruhan disk drive dengan uang tebusan dan mencegah pengguna menjalankan booting sistem operasi mereka.

 

Bagaimana ransomware menyebar?

Sering kali, ransomware menyebar dengan menyamar sebagai faktur, catatan pengiriman, CV terlampir atau konten menarik lainnya yang dilampirkan pada e-mail spam yang dibuat dengan hati-hati. Jika pengguna membuka pesan dan meng-klik lampiran, proses enkripsi akan dimulai. Ketika semua informasi terenkripsi, pengguna melihat pesan peringatan langsung di desktop, beserta petunjuk bagaimana cara membayar uang tebusan dan mendapatkan kunci dekripsi.

Di lain waktu, operator ransomware membeli iklan di situs dengan lalu lintas tinggi. Iklan ini bukan spanduk biasa Anda, melainkan iklan buatan yang mengeksploitasi kerentanan di browser dan plugin peramban. Saat browser (atau plugin masing-masing) mogok, ia secara otomatis menginstal komponen ransomware. Pendekatan ini memungkinkan operator ransomware menginfeksi korban bahkan jika mereka memakai software terbaik dalam menangani email sampah.

Last but not least, operator ransomware menyelipkan kreasi mereka ke dalam konten ilegal dan bajakan yang tersedia untuk diunduh di situs torrent atau “warez”.

 

Bagaimana saya tetap aman? Apa yang harus saya lakukan?

Ransomware adalah ancaman kompleks yang bergantung pada beberapa vektor serangan untuk menginfeksi pengguna. Mengalahkan serangan ransomware itu sulit, tapi bukan tidak mungkin. Pihak berwenang telah bergabung secara internasional untuk menghasilkan strategi terbaik untuk mencegah penipuan ini, namun sementara ini ada beberapa tip untuk memastikan Anda tidak kehilangan data Anda – atau uang Anda.

Jalankan solusi keamanan yang bisa mendeteksi ransomware yang muncul. Jaga agar solusi keamanan Anda tetap up to date dan aktif setiap saat. Jika Anda tidak memiliki solusi keamanan, cobalah produk dari BITDEFENDER.

Backup file penting Anda secara reguler dan simpan backup ini di perangkat penyimpanan yang tidak terhubung secara permanen ke komputer Anda. Jika Anda menjadi korban ransomware, Anda harus mengembalikan file Anda dari cadangan daripada membayar kunci dekripsi. Dengan cara ini, Anda membuat bisnis ransomware tidak menguntungkan dan – sama seperti bisnis yang tidak menguntungkan – hal itu akan lenyap dengan sendirinya.

 

Untuk mendapatkan solusi terbaik lainnya dari BITDEFENDER, kunjungi kami di INDOCOMTECH & I3EXPO 2017

– Stan M19, Lobby Utama, Pusat Konvensi Jakarta.

 

0
Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *