Bitcoin sebagai teknologi financial yang baru lahir di tahun 2009 ini, merupakan mata uang digital yang belakangan sedang ramai dibicarakan, dan mulai menjadi sangat populer di dunia. Bitcoin digunakan sebagai metode unik untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi tanpa perlu mengandalkan sistem perbankan yang ada. Teknologi tersebut dikenal dengan nama ‘Blockchain’.

Teknologi Blockchain mendasari berjalannya Bitcoin tanpa bergantung kepada server terpusat dan dengan demikian terhindar dari risiko downtime.

Pada prinsipnya, teknologi blockchain mengkondisikan setiap server yang menjalankan software ini membentuk konsensus jaringan secara otomatis untuk saling mereplikasi data transaksi dan saling memverifikasi data yang ada.

Oleh karena itu, ketika salah satu server mengalami hack, server tersebut dapat diabaikan karena dianggap memiliki data yang berbeda dengan mayoritas jaringan server lainnya.

Hal tersebut membuat teknologi blockchain relatif jauh lebih kuat menghadapi serangan dibandingkan teknologi yang tersentralisasi karena selalu ada minimal 1 server yang berjalan untuk menangani transaksi.

Dalam kesempatannya di penghujung tahun ini, Oscar Darmawan selaku CEO Bitcoin Indonesia, memaparkan kepentingan dan keuntungan dari pemanfaatan uang digital ini, dalam seminar yang di selenggarakan oleh Indonesia Inernational ICT Expo (I3EXPO) 2017. Gelaran yang diselenggarakan sejak tanggal 1-5 November 2017 di Jakarta Convention Center ini, diharap mampu menjadi sarana yang tepat dimana bermulanya bibit-bibit terbaik dalam menghadapi era digital.

 

0
Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *